Pengertian, Simbol dan Jenis Gerbang Logika

Hallo semuanya, disini saya kembali lagi untuk mengisi artikel blog yang sebelumnya sudah lama tidak saya urus. Mohon maaf yaa.
Dan kali ini saya akan mengulas materi tentang gerbang logika.
Apa sih pengertian gerbang logika itu? Dan ada berapa macam jenisnya?
Yuk langsung saja untuk lebih jelasnya. Check it out! ^^

Pengertian Gerbang Logika
Gerbang Logika adalah sebuah entitas atau piranti dalam Elektronika yang berfungsi sebagai dasar pembentuk sistem digital yang mengubah satu atau beberapa masukan (input) menjadi sebuah sinyal keluaran (output) logika dengan menggunakan Teori Matematika Boolean.

Jenis - jenis Gerbang Logika
1. Gerbang Logika NOT
Gerbang Logika NOT adalah gerbang logika dasar yang hanya memiliki satu logika input saja dan berfungsi sebagai inverter (pembalik) dimana nilai outputnya akan berlawanan dengan nilai inputnya. Yaitu jika nilai input = 1 maka nilai output = 0, dan sebaliknya. Jika nilai input = 0 maka nilai output = 1.
Berikut ini Simbol dan Tabel Kebenaran dari Gerbang Logika NOT.

2. Gerbang Logika AND
Gerbang Logika AND adalah gerbang logika dasar yang apabila semua / salah satu nilai inputnya berlogika 0, maka nilai outputnya adalah 0. Sedangkan jika semua nilai inputnya berlogika 1, maka nilai outputnya adalah 1.
Berikut ini Simbol dan Tabel Kebenaran dari Gerbang Logika AND.
3. Gerbang Logika OR
Gerbang Logika OR adalah gerbang logika dasar yang apabila semua / salah satu nilai inputnya berlogika 1, maka nilai outputnya adalah 1. Sedangkan jika semua nilai inputnya berlogika 0, maka nilai outputnya adalah 0.
Berikut ini Simbol dan Tabel Kebenaran dari Gerbang Logika OR.

4. Gerbang Logika NAND
Gerbang Logika NAND adalah gerbang logika dasar yang terdiri dari gabungan gerbang logika NOT dan AND dimana apabila semua / salah satu nilai inputnya berlogika 0, maka nilai outputnya adalah 1. Sedangkan jika semua nilai inputnya berlogika 1, maka nilai outputnya adalah 0.
Berikut ini Simbol dan Tabel Kebenaran dari Gerbang Logika NAND.
5. Gerbang Logika NOR
Gerbang Logika NOR adalah gerbang logika dasar yang terdiri dari gabungan gerbang logika NOT dan OR dimana apabila semua / salah satu nilai inputnya berlogika 1, maka nilai outputnya adalah 0. Sedangkan jika semua nilai inputnya berlogika 0, maka nilai outputnya adalah 1.
Berikut ini Simbol dan Tabel Kebenaran dari Gerbang Logika NOR.
6. Gerbang Logika XOR
Gerbang Logika XOR atau singkatan dari EXclusive OR gate adalah gerbang logika dasar yang apabila nilai inputnya berbeda (contoh input X = 0, dan input Y = 1), maka nilai outputnya adalah 1. Sedangkan jika semua nilai inputnya berlogika sama, maka nilai outputnya adalah 0.
Berikut ini Simbol dan Tabel Kebenaran dari Gerbang Logika XOR.
7. Gerbang Logika XNOR
Gerbang Logika XNOR atau singkatan dari EXclusive NOR gate adalah gerbang logika dasar yang apabila nilai inputnya berbeda (contoh input X = 0, dan input Y = 1), maka nilai outputnya adalah 0. Sedangkan jika semua nilai inputnya berlogika sama, maka nilai outputnya menjadi 1.
Berikut ini Simbol dan Tabel Kebenaran dari Gerbang Logika XNOR.


Sekian informasi yang dapat saya sampaikan. Terima kasih...

0 komentar